hTIpzMycazu8OVXZcjDSROIWRajG98XB7J0SBiwW
Didukung Oleh Investing.com

PROSEDUR PENGAJUAN ISSN UNTUK JURNAL CETAK DAN ONLINE


Pengajuan ISSN (International Standard of Serial Number) untuk terbitan berkala baik cetak maupun elektronik (online) dapat dilakukan secara online. Jika prasyaratnya telah lengkap, proses penerbitan ISSN hanya membutuhkan 1 hari kerja (red: 1 – 2 minggu). Adapun kategori terbitan berkala ini adalah antara lain majalah, surat kabar, buletin, buku tahunan, laporan tahunan, jurnal dan prosiding aneka pertemuan ilmiah.
Alamat web (URL) untuk mengajukan ISSN ini dapat ditemui di http://issn.pdii.lipi.go.id/issn.cgi. Di link tersebut dijelaskan tentang daftar ISSN yang telah terbit, informasi lengkap tentang ISSN dan prosedur pengajuan ISSN baru serta formulir pengajuan ISSN.
ISSN akan digunakan salah satunya sebagai prasyarat akreditasi jurnal nasional dan indexing, misalnya oleh Scopus, Elsevier, DOAJ, Portal Garuda. Sebuah terbitan berkala harus mempunyai satu ISSN untuk satu media. Artinya, jika jurnal tersebut diterbitkan dalam versi cetak dan online, maka harus mempunyai 2 ISSN, masing-masing untuk cetak dan online. Untuk media online, seringkali dituliskan sebagai e-ISSN, yaitu electronic-ISSN. Misalnya, Jurnal Sistem Komputer mempunyai ISSN: 2087-4685 (printed) dan
EISSN: 2252-3456 (online).

Prasyarat minimal yang perlu disiapkan adalah:
  1. Surat pengajuan resmi dari penanggung jawab terbitan, misalnya Ketua Program Studi;
  2. Halaman sampul depan terbitan berkala lengkap dengan penulisan volume, nomor, dan tahun terbit. Untuk e-ISSN dapat berupa tangkapan layar (screenshot) halaman depan situs web jurnal;
  3. Halaman daftar isi. Jurnal elektronik baru dapat berupa tangkapan layar situs web dari halaman focus and scope atau lainnya;
  4. Halaman daftar dewan redaksi atau tim penyunting;
  5. Hasil scan transfer biaya administrasi pengurusan nomor ISSN. Pembayaran ini dilakukan setelah ada konfirmasi persyaratan 1-4 lengkap. Seringlah untuk mengecek proses pengajuan dengan login ke issn.pdii.
Seluruh dokumen disiapkan dalam bentuk data elektronik dengan format PDF dan dikompres dengan format ZIP. Untuk media elektronik bisa digantikan dengan tampilan situs (snapshot/printscreen) yang memuat informasi terkait. Informasi lengkap dapat dilihat di Informasi ISSN dan Prosedur Terkait.
Untuk mengajukan ISSN baru, dari link di atas, klik “Formulir Pengajuan ISSN Baru”. Sebuah formulir muncul untuk mengisi nama terbitan, frekuensi, pengelola, penanggungjawab terbitan dan alamat kontaknya. Isi dengan lengkap dan simpan. Sebuah email berisi nomor ID dan kata sandi akan dikirimkan ke alamat email yang kita masukkan ke formulir.
Nomor ID dan kata sandi tersebut akan digunakan untuk login dan memasukkan/mengupload prasyarat-prasyarat tersebut di atas.
Setelah prasyarat diupload dan permohonan disetujui, paling lambat 1 hari kerja nomor ajuan ISSN akan diterbitkan dan ditampilkan di daftar ISSN.
Related Posts

Related Posts